Jumat, 20 November 2015

Tips Memilih Motherboard

Tips Tepat Cara Memilih Motherboard



Banyak sekali orang bilang bahwa Motherboard adalah organ paling penting blablabla... Hal itu memang benar dan tidak disalahkan, tapi menurut kami dan ingin mengingatkan kepada sobat Bermano Software sekalian jangan berpikiran seperti itu terlalu serius. Karena kebanyakan fokus kepada Motherboard dengan cara berpikir seperti itu tapi komponen lainnya tidak diperhatikan. SALAH!.






Jadi bagaimana? Lebih baik berpikir seperti ini "bahwa semua komponen penting tidak ada yang di spesialkan". Semua sama spesial sob... Karena pada pembahasan sebelumnya kami jelaskan bahwa komputer adalah para pekerja yang bekerja untuk memberi yang terbaik kepada pengguna komputernya. Tim kerja harus solid bagaimana? cek artikel sebelumnya biar lebih mantab.


*Socket/Prosesor

Apa itu Socket? Yaitu tempat diletakkannya sebuah prosesor, prosesor diletakkan di motherboard. Maka artinya socket adalah tempat yang berada di motherboard yang digunakan untuk meletakkan prosesor. Bermacam-macam jenis socket pada motherboard, artinya ketika membeli prosesor harus yang sesuai untuk socket tersebut. Akan percuma jika membeli prosesor atau motherboard yang tidak sesuai.
Carilah Mobo yang memiliki socket LGA 1150 atau lebih. Karena pada saat ini banyak prosesor yang support socket tersebut seperti intel core i3, i5 dan terbaru.
Sedangkan untuk AMD pilihlah socket AM3 / FM2 / FM2+ dengan alasan yang sama karena banyak prosesor mantab yang menggunakan socket tersebut.
Saran untuk merk motherboard berdasarkan socket tersebut : ASUS, MSI atau Gigabyte.


*RAM

Apa itu RAM? Yakni Random Acces Memory, artinya sebagai media penyimpanan sementara untuk proses kerja sebuah komputer dan akan hilang setelah komputer mati.
Selain socket, harus disesuaikan juga RAM yang akan digunakan. Pada memory atau RAM ada beberapa macam juga modelnya, DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan yang lainnya. Maka harus di cek ketika beli mobo yang mempunyai slot RAM DDR3, otomatis memori atau RAM yang digunakan juga DDR3. Tidak mungkin bisa dipasangkan jika DDR nya beda.
Pada motherboard juga macam macam slot yang disediakan, ada 2slot, 4slot dst. Tidak masalah slot akan diisi semua atau tidak, perhatikan juga budget. Kalo emang baru mampu satu RAM saja yang dipasang, sedangkan slot yang lain dikosongkan tidak jadi masalah. Namun untuk urusan kecepatan memory tentu akan terbatas apa lagi digunakan untuk aplikasi2 yang memang membutuhkan RAM lebih banyak.
Cek juga kapasitas, berapakah kapasitas yang mampu ditampung oleh motherboard? Macam2 jenis motherboard untuk urusan kapasitas RAM. Ada yang 8GB, 16GB dst. Jika kapasitas maksimal 16GB dan jumlah slot ada 2, artinya masing2 slot mampu menampung RAM maksimal 8GB.
Kemudian kecepatan RAM, perhatikan kecepatan RAM yang mampu ditampung oleh motherboard. Jangan asal pilih karena merk bagus atau terkenal. PERCUMA kalo memang tidak cocok. Misalnya mobo mampu memberi kecepatan pada RAM 1333Mhz, tapi RAM yang kita pasangkan 2400Mhz. Maka akan sia2 dan tidak akan berfungsi karena kecepatannya berbeda walaupun kapasitas RAM sudah sesuai.
Untuk keperluan game dan untuk gamer sejati biasa gunakan 1600Mhz atau lebih dari itu untuk lebih mantab. Walapun dibawah kecepatan itu masih bisa main game ko, tapi inilah khusus gamer sejati hehe biar makin jossss.
Merk RAM disarankan : G.Skill, Corsair, Crucial.


*PCIe

Apa itu PCIe? Yaitu slot untuk VGA atau biasa disebut Graphic Card. Karena sudah banyak PCIe yang support untuk menampilkan 3D dan dengan kecepatan lebih dibanding on board bawaan motherboard atau biasa disebut AGP, sejak pentium 4 sampai saat ini slot AGP sudah ditinggalkan banyak orang karena adanya slot PCIe yang mampu menggantikan posisinya dengan VGA merk2 terkenal yang bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhannya. Akan lebih puas jika menggunakan VGA selain bawaannya ini.
Perhatikan juga VGA dari model DDR nya, kalo mobo sobat memang DDR3 maka carilah VGA yang DDR3 juga. Karena tidak akan bisa dipasangkan untuk DDR lain atau DDR yang berbeda.
Pada VGA tertera 32bit, 64bit, 128bit dst. Maksud bit disini adalah jalur, sebesar apa jalur pengiriman data pada VGA ini. Semakin besar jalur tentu semakin cepat bukan? Tapi kembali lagi, harus sesuai dengan mobo PCIe nya. Kalo mobo hanya mampu untuk VGA 128bit sedangkan kita gunakan lebih dari itu. Terbuang sia2 seperti pinggiran jalan tol hehe... Jalur memang besar pada VGA itu tapi data yang lewat cuma lewat tengah nya aja. Semacam itu kira2 penjelasannya. Dan ukuran VGA makin besar biasanya makin bagus tapi gak tahu juga gimana nanti kedepannya.
Untuk VGA memang bermacam merk VGA tapi bukan chipset. Chipset VGA yaitu : Radeon, NVIDIA, INTEL. Untuk saat ini sih kalo ada atau pernah lihat selain yang disebutkan lebih baik diabaikan dulu aja hehe
Merk VGA disarankan : ASUS, Gigabyte, BIOSTAR, Digital Alliance.


*Kabel SATA

Apa itu SATA? Adalah penghubung untuk menghubungkan host bus adapter dengan perangkat HardDisk atau Disc/Optical Drive. Ketika motherboard membutuhkan data dari HDD atau Disc maka lewat jalur SATA ini, Untuk slot SATA yang ada pada mobo itu macam2, ada 2slot, 4slot atau lebih tergantung harga juga kali ya hehe...
Harus diperhatikan berapa kecepatan SATA pada motherboard tersebut.Misalnya 6GB/s maka HDD yang dihubungkan dengan SATA tersebut harus mempunya kecepatan 6GB/s juga. kalo cuma 3GB percuma saja. Kecepatan akan tetap 3GB/s.
Selain itu tentu kabel SATA nya juga harus 6GB/s, kalo 3 hal ini saling berbeda maka tidak akan maksimal.
Ada motherboard yang cuma menyediakan 1macam kecepatan, ada juga yang 2macam. Contoh, ada 4slot SATA pada mobo, 2 diantaranya 3GB/s dan 2lainnya 6GB/s. Hal ini tentu memudahkan penggunanya dalam memilih SATA yang sesuai dengan kabel SATA / HDD yang digunakannya.

Rasanya cukup penjelasan untuk motherboard, jika ada kekurangan mari tanya jawab di Forum atau kolom komentar.

Baca artikel lainnya di blog ini dengan label Pengetahuan Komputer, supaya lebih jelas penjelasannya gak setengah2 hehe...

Tips Memilih Motherboard Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar